Tuesday 8 July 2014

PUNCAK GUNUNG HANOMAN KENDALISODO

Alhamdulillah akhirnya saya bisa menulis lagi. Oke teman kita mulai saja melanjutkan cerita yang kemaren tentang Wisata alamnya PETUNGKRIYONO kemarin saya membahas tentang kuliner nah kali ini akan saya bahas tentang keindahan alamnya. pernah dengar gak tentang PUNCAK HANOMAN KENDALISODO kali ini saya sedikit melenceng eat tapi bukan melenceng dari ajaran  loooohhh malah ngomongin gak jelas okeh melenceng kali ini saya artikan keluar jalur yang biasanya saya enak duduk di atas motor melewati desa kota-kota di indonesia ini sekarang saya mau coba yang namanya Mountaineering atau naik gunung tapi bukan gunung yang tanda kutip ya !!!!  Pada awalnya saya pun bingung persiapan apa saja yang harus di bawa ketika naik gunung  gak berfikir panjang cuek aja yang saya persiapin malah SI KUDA BESI kebalik emang tapi sangatlah fital dalam dunia TOURING walah malah sok ngomongnya. yapp saya salah kaprah kata orang jawa bilang artinya SALAH TOTAL bukan bekal atau peralatan gunung malah motor yang saya utak atik, tanggal 6 Juni tepatnya sekitar  Pukul 18.30 saya berangkat kenapa saya berangkat jam segitu nah ini alasanya saya beserta rombongan memang merencanakan jam segitu dikarenakan ada teman saya dari jauh datang dan penasaran akan keindahan PETUNGKRIYONO lo kita kesana pas masih siang atau sore ntar gak supressss lagih, yap betul saya pengen membuat kejuatan ketika si tamu itu berangkat malem dia gak bisa melihat keindahan dan ketika pagi harinya baru kejutan itu terealisasi kayak RASKIN saja ya hehehehhehe.... yap perjalanan malam kali ini memang menyenangkan alhamdulilahnya gak ujan ataupun mendung jadi kelihatan semua tu bintang2 di langit, berkelok - kelok jalan yang kami lewati masuk ke dalam belantara hutan dan terdengar suara musik alam dan raungan sepeda motor kami dan bergegaslah kami tak sabar mau sampai ketujuan. karna kami sudah di tunggu sama MZ Aji abiyoga dan Mz Purwo sang empunya PETUNGKRIYONO dan tak lama kemudian kami sampai di depan patung sejarah PETUNGKRIYONO mz Adji dan Mz Purwo pun menyambut kami dengan senyuman Ramahnya sembari kita rehat sejenak  saya dan rekan2 memulai perbincangan dengan Mz Adji kopi hangat pun menemani kami dengan gagahnya karna diya keluar sendirian gak dengan yang lainya.???? rehat pun dirasa cukup kita melanjutkan perjalanan dari PATUNG PERJUANGAN ke arah kiri sekitar 1 km kita akan menemukan persimpangan jangan ambil yang lurus tapi ambil yang arah ke kiri, kamipun menemui jalan yang sedikit agak rusak tak menyurutkan nyali kami untuk melaju terus setelah berjalan hampir 25 menit tibalah kami di basecam pendakian GUNUNG KENDALISODO.
gambar.01
Karna saya sebagai warga negara indonesia yang baik administrasi tak lupa saya isi sembari beristirahat menyipkan segala sesuatunya, okeh tak lama kemudian kami pun mulai berjalan kaki eet berdoa dulu ya jangan lupa  wahhhh jalan malem ke PUNCAK GUNUNG serem itu yang terbayang dalam benak fikiranku tapi tak apalah toh banyak temen, jalan kali ini bebener2 setapak dan kita wajib berhati-hati karna pandangan kita terbatas walaupun menggunakan senter tak lama berjalan kami langsung di suguhi dengan track yang menurut kami sudah membuat nafas kami tersendat-sendat, tak putus asa sedikit demi sedikit langkah kami pun terasa semakin berat jalanpun terpakasa harus mengurangi ritmenya sembari beristirahat sejenak karna memang sangat terjal jalan yang saya lalui, tak lama kemudian ada teman saya yang ndegor atau sudah gak mau jalan lagi di karenakan nafas gak karuan. 
gambar.02
Nah itu buktinya sangkin terjalnya track teman kami ada yang tumbang. tak menyulutkan niat kami untuk segera sampai ke puncak kamipun memberikan dukungan dan dorongan kepada teman kami yang satu ini sebutsaja namanya BUNGA haahahhahaha. kayak di patroli sajah ya hehehhehe maaf kawan saya sensor kasian malu nanti anaknya. sembari kita menunggu teman kita yang tadi terpuruk walah kayak di putus cintanya ajah terpuruk sayapun tak lupa mengabadikan momen2 indah ini.
gambar.03
nah itu tersangkanya kelihatan lagi yang pake jaket ada nyalanya garis putih lohhhh malah di perjelas kan kasihan.. maaf brooo keceplosan 30 menit kami berdebat sengit dengan teman kami yang tak lagi mampu menapkan kakinya tapi kami pun terpaksa rehat sejenak sembari memulihkan setamina teman kami. saya pun akhirnya berdiskusi sengit dengan rombongan dan akhirnya kami temukan solusinya saya bagi menjadi 2 kloter yang kloter pertama saya suruh naik duluan dan kloter kedua menunggu temen saya yang lagi terpuruk hehehhehehe.... setelah selang beberapa jam kekuatan teman saya sudah pulih kembali dan mulai mengeluarkan sayapnya wahhhh kayak superman hehehheheh.... sudah pulih kami langsung begegas melanjutkan perjalanan kami tak jauh dari mata kami memandang ada cahaya putih turun dan ternya teman saya yang kloter satu turun menjemput kami sambil membawakan barang-barang kami alhamdulilah sedikit agak berkurang beban yang harus saya pikul walah walah... dari kita berhenti tadi kurang lebih puncak KENDALISODO berjarak sekitar 100 m tapi kan bukan 100 m nya jalan raya sedikit kami berjalan kami menemukan tempat Pertapaan konon katanya cerita masyarakat sekitar tempat itu buat pertapaan atau semedi walah agak sedikit berdiri bulu kuduk saya tapi niat kami toh baik gak mau macem2 cuman mau menemukan keindahan alamnya setelah kami berjalan hampir 20 menit tibalah kami di puncak GUNUNG KENDALISODO SIKUNIR Kedua menurut saya. padahal belom lihat Sunrise nya cuman cerita dari Mz Adjiabiyoga. tak enak rasanya sudah sampai di puncak tidak mengabadikan momennya.
gambar.04 Puncak Kendalisodo
Setelah dirasa cukup buat bercengkrama satu persatu pun mulai masuk kedalam tenda dan sayapun terpaksa memakai JAKET saya yang tadinya basah kuyup dengan keringat. masuklah kami ketenda dan beristirahat sambil menunggu waktu fajar tiba. tepat pukul 05.00 WIB kami pun terbangun dengan suara burung-burung dan teriakan teman-teman kita Subhanallah saya ucapkan tak henti-hentinya keindahan matahari terbit sungguh luarbiasa yang menurut saya sangat menakjubkan kamerapun saya keluarkan dari sangkarnya jpretttt jpretttt ntah tak terhitung berapa saya mengabil momen tersebut  ehhh sampai lupa belom saya kasih gambarnya nihhh sedikit keindahan PUNCAK HANOMAN KENDALISODO.
Gambar.05 Jam 05.30 WIB

Gambar. 06/ Jam 05.15 WIB

Gambar. 07/ Jam 05.30

Gambar. 08/ Jam. 05.35

gambar. 09

Gambar. 10

Gambar. 11

Gambar. 12
Nah itu sedikit gambar yang saya sempat abadikan di pagi harinya setelah matahari semakin tinggi saya mengalihkan pengelihatan saya sama-sama menakjubkan tak kalah menariknya terlihat jelas Gunung SLAMET dengan selimut awanya terlihat gagah tapi tetap indah.
Gambar.13
Gambar.14

Gambar. 15

Gambar. 16

Gambar.17
Itu yang semalam jalur kita lewati pas malah hari tak terasa ngeri tapi setelah kami pulang dan keadaan sudah terang benerang baru terasa ini sebenarnya naik gunung wah semakin saya tertantang pengen mendaki dan mendaki gunung-gunung yang ada di INDONESIA tercinta ini sungguh indah dan sungguh istimewa pemandangannya, next time pasti saya akan kembali lagi dengan perbekalan yang harus safety buat berpetualangan gunung hehehehhehe.... so jangan pernah kamu mendaki gunung tanpa perbekalan yang memadahi itu konyol namanya. 
Gambar. 18

Gambar. 19

Gambar. 20 
Nah itu yang di Gambar. 20 Harus di cermati ya jika mau naik gunung tanpa terkecuali gunung manapun harus taat akan tata tertibnya. dan sedikit TIPS buat para pendaki gunung, Jagalah keindahan gunung tersebut dan jangan sampai kita malah merusak atau mengotorinya JANGAN TINGGALKAN APAPUN KECUALI JEJAK, JANGAN AMBIL APAPUN KECUALI GAMBAR, DAN JANGAN MEMBUNUH APAPUN KECUALI WAKTU   Inget itu ya kawan bayak yang ngakunya pecinta ALAM tapi malah diya yang merusaknya.  Jika kita dekat dengan alam maka alampun akan dekat dengan kita tapi jika engkau merusaknnya maka alam akan membalasnya.

Terimakasih saya ucapkan kepada Anggota PPGP Adventure Petungkriyono Mz. Adji dan Mz Purwo  semoga dengan pertemuan kali ini akan menjadikan sebuah jembatan buat kesuksesan WISATA ALAM PETUNGKRIYONO walah malah sok jadi kiyai. 

Dan terimakasih kepada pembaca maaf kalo tulisanya banyak yang salah semoga dengan ditulisnya artikel ini bisa berguna buat kita semua aminnnnnnnn. 

Tertanda SIGUNG 



1 comment:

Ramzyy said...

Gambar 1.6 kok ngeri gt mas, apa harus pakai tambang ? Terus dulu mas muncak kira2 brapa jam perjalanan mas kalo normal ? Suwun