Monday 7 July 2014

KOPI OWA JAWA, KHAS DESA SOKO KEMBANG PETUNGKRIYONO


Bismillahirohmanirohim. 
Petungkriyono Merupakan daerah pegunungan dimana sebagian wilayah merupakan daerah dataran tinggi kawasan Dieng. Luas wilayah 7.358,523 Ha yang sebagian besar adalah hutan Negara seluas 5.189,507 Ha. Luas pemukiman hanyalah 119,652 Ha (16 %) dari luas wilayah. Kecamatan Petungkriyono secara geografis terletak di bagian selatan wilayah Kabupaten Pekalongan jarak antara Desa SOKOKEMBANG kurang lebih 5 Km dari Kec. Doro. dari Pasar doro ambil arah Ke  Selatan Petungkriyono.nahh dari situ ikuti jalan terus sesampainya di pertigaan ambil arah kanan ada gapura bertuliskan EKOWISATA PETUNGKRIYONO masuk dan akan menemuhi hutan tua dengan jalan berkelok setelah sampai di desa pertama setelah hutan di situlah KOPI OWA JAWA DI PRODUKSI.

Tanggal 6 Juni 2014 saya beserta teman-teman se Hobi saya mendapat informasi tentang KOPI OWA Jawa. Alhasil tidak menunggu lama kami bergegas menuju tempat yang sudah di informasikan kepada kami , Informasi tersbut kami peroleh dari rekan kami yang bernama HARDI BOY dia Bekerja sebagai Selesman di salah satu Perusahaan Komunikasi. Pas Kebetulan Area dia bekerja adalah Di Kec. Doro dan Petungkriyono menjadikan dia mempunyai relasi yang cukup banyak sebut saja , MZ ADJI Abiyoga adalah Anggota dari PPGP Adventure Petungkriyono dari situlah kami mulai Explore Petungkriyono salah satunya Kopi OWA JAWAnya. Beliau memaparkan banyak tentang potensi wisata ALAM di Kec. PETUNGKRIYONO Kab. Pekalongan, Antara lain Ada Kopi Owa Jawa, Curug Bajing, Gunung Kendalisodo yang menurut saya Sunrisenya Tidak kalah dengan SIKUNIR. ada juga Gunung Rogo Jembangan, adalah gunung atau puncak tertinggi di Kab. Pekalongan. dan insya Allah saya akan mengxplorenya satu persatu. 

Setelah Meng-Explore saya sempat posting kopi OWA JAWA di media sosial dan alhasil banyak yang menyuruh untuk menuliskan diskripsi lengkapnya oke kita mulai saja diskusi kali ini lohhh malah diskusi maksudnya sejarah kopi OWA JAWA.

Owa Jawa ((Hylobates moloch), adalah Jenis kera kecil yang hanya ada di jawa, tersebar di jawa Tengah dan jawa barat, Primata ini biasanya hidup dalam kelompok kecil, bersuara keras di pagi hari, mempunyai jelajah yang tetap dan makanan kesukaanya adalah buah-buahan hutan. Owa Jawa adalah binatang dilindungi, namun saat ini terancam punah oleh fragmentasi habitat, degradasi hutan dan pemburuan. so jadi jangan di buru ya sobat kasian nanti anak cucu kita tidak bisa melihatnya apa itu OWA Jawa hanya bisa melihat lewat buku atau internet kan kasian. 
Diantara sisa-sisa hutan hujan tropis jawa, kopi dari hutan Sokokembang Petungkriyono tumbuh dibawah naungan pohon-pohon alami yang dihuni oleh satwa-satwa endemik Jawa, seperti Owa Jawa. Kopi ini tumbuh liar dan diproses secara tradisional oleh masyarakat sekitar hutan di dusun Sokokembang, Desa kayupuring Kec. Petungkriyono Kab. Pekalongan yang tetap mempertahankan pohon-pohon alami sebagai naungan, telah mempunyai konsekuensi yang penting bagi konservasi habitat Owa Jawa dan satwa-satwa endemik lainya.

Proses Awal Setelah kopi di petik dari pohon yang ada di hutan, masyarakat Desa Sokokembang biasanya mulai dengan menjemur Biji kopi terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini. 
Setelah Dirasa Cukup Kering Maka Kopi akan di Bedakan menjadi 2 jenis menurut Klasifikasinya yaitu Kopi ARABIKA dan ROBUSTA  seperti gambar di bawah ini. 
Gambar 01. Arabika 

Gambar 02. Robusta


Setelah benar-benar dirasa cukup kering maka kopi akan di olah terlebih dahulu. Dulu pengolahan kopi OWA Jawa diolah secara tradisional setelah berkembangnya waktu dan mulai banyak pemesan kopi ini di giling menggunakan mesin, tapi tenang saja menurut narasumbernya walaupun di giling menggunakan mesin tidak akan menghilangkan cita rasa dari kopi tersebut. 
gambar 03. 
setelah kopi selesai di giling 
Tak afdol rasanya jika sudah melihat prosesnya yang menurut saya cukup panjang  tidak mencicipi kopi tersebut, sembari saya mengobrol asyik dengan si empunya saya beserta rombongan mencicipi kopi Owa Jawa dan ternyata rasanya beda dari kopi-kopi yang di jual di warung-warung sungguh sangat exsotis menurut saya rasa dan aroma kopi owa jawa memang Khas di banding kopi yang lainya.

gambar 04. 


gambar 05.
Proses penyeduhan kopi

Nah ini kopi yang sudah di kemas secara Rapih Ada ARABIKA dan ROBUSTA dengan harga yang sangat terjangkau.
gambar 06. 


Saya berharap setelah anda membaca artikel saya silahkan anda berkunjung ke EKOWISATA PETUNGKRIYONO dan temukan wisata alamnya yang masih asri dan terlindungi. maaf kalo tulisan saya masih kurang benar karna saya Nuwbie bro dan masih acak acakan hehehehhehe. dan kami siap mengantar anda keliling PETUNGKRIYONO Stand Bay 1x24 jam wah kayak di rukun tetangga aja yah.... Bisa hubungi nomer berikut : WA.085643032998. BB/ 79FDD33A bisa pesen kopi via online harga sangat terjangkau dan jaminan rasanya.  

No comments: