Tuesday 8 November 2016

KOPI PETONG KHAS KAB PEKALONGAN

Kopi Petung Memiliki Karakter Wangi Aroma Gula Aren
Petong arabica
Desa tlogohendro petungkriyono kab.pekalongan jawa tengah 
IDR :30 k
Netto :100grams
Proces :Fullwash
Ketinggian:1400mdl
Varietas :typica
Profil roasted :medium
WA/bb : 085643032998/79fdd33a

Selain masih terjaga hutannya, ternyata kawasan Petungkriyono juga memiliki potensi emas yaitu Kopi. Namun sayangnya potensi tersebut belum digali secara optimal karena terkendala teknik budidaya, pengolahan hingga pemasarannya. Sehingga kopi Petungkriyono sampai sekarang masih hanya sebatas tanaman pendamping atau tanaman pagar di kebun-kebun warga.
Pegiat ekowisata Petungkriyono yang juga ketua kelompok Petung Kopi, Purwo menuturkan  tanaman kopi yang ada di wilayah Petungkriyono sudah ada sejak dulu pada jaman Belanda. Masyarakat setempat biasanya menyebutnya kopi bestak atau kopi jenis robusta. Kopi peninggalan jaman Belanda itu diantaranya tersebar di Desa Tlogohendro, Tlogopakis, Yosorejo dan Kasimpar atau di wilayah dengan ketinggian di atas 1.000 mdpl. Adapun kelebihan dari kopi Petungkriyono ini memiliki karakter yang wangi aroma gula aren dan manis.
Purwo mengakui jika sebagian besar masyarakat belum mengembangkan secara optimal potensi kopi tersebut, padahal kualitas kopi petung tak kalah dengan kopi Aceh dan Toraja. Bahkan ketika ia membawa sampelnya ke klinik kopi di Jogjakarta, mereka merasa kaget karena ternyata Petungkriyono memiliki kopi dengan cita rasa tinggi. Selain itu, pujian serupa juga dilontarkan oleh Ann Kwang duta Besar dari Korea Selatan kepada Bupati Pekalongan saat bertemu di acara ‘Diplomat Friendly Gathering Night’

1 comment:

gacorteros said...


permisi gan numpan koment artikel bagus ini ya gan. :)
gambar kartu king